Google Search

Google Custom Search

Sunday, March 3, 2019

Manfaat Pemberian Konsentrat Pakan Ternak

Konsentrat pakan ternak adalah bahan yang biasanya digunakan bersamaan dengan bahan makanan lain guna menambah perolehan gizi yang dipadukan dan dicampur lalu dijadikan makanan pelengkap. Konsentrat atau yang biasanya disebut pakan penguat untuk ternak biasanya dibuat dari biji bijian dan juga bisa berasal dari limbah industry pangan seperti dedak, ampas tahu, tepung kedelai, jagung giling, bungkil, dan lain sebagainya.

Konsentrat digunakan semata mata tanpa tujuan. Konsentrat sendiri digunakan pada ternak dengan tujuan untuk meningkatkan nutrisi bagi hewan ternak yang rendah agar terpenuhi kebutuhan normal yang dibutuhkan untuk hewan ternak guna menunjang pertumbuhan hewan ternak. Penambahan konsentrat pada pakan ternak juga memiliki tujuan yang tak kalah penting, yaitu untuk mencukupi kebutuhan akan nutrisi nutrisi penting dari makanan, sehingga pada suatu saat nanti dapat diperoleh produksi yang besar dari hewan ternak. Di samping itu dengan penggunaan konsentrat ditujukan untuk meningkatkan kemampuan cerna dari pakan kering , penggemukan hewan ternak hingga keefisienan dalam penggunaan pakan pokok.

Pemberian konsentrat pakan ternak sebagai penambah nutrisi sangat bagus sekali untuk digunakan karena juga bisa memperbaiki pencernaan hewan ternak yang buruk. Karena konsentrat terbuat dari beragam campuran bahan pakan yang mengandung banyak kandungn protein, kalsium, karbhidrat dan lain lain. Konsentrat memiliki berbagai macam sumber tergantung jenisnya. Misalnya seperti konsentrat sebagai sumber energi karena kandungan proteinnya yang rendah namun kandungan karbohidratnya yang lebih tinggi, sedangkan untuk konsentrat untuk penambah protein maka kandungan protein yang terkandunng di dalam konsentrat lebih tinggi dan kandungn karbohidratnya lebih rendah.
Adapun sumber konsentrat pakan ternak dapat dibagi menjadi dua, yaitu.

    Konsentrat yang berasal dari tumbuh tumbuhan.

Sebagai bahan sumber energI dan protein bagi hewan ternak. Tumbuh tumbuhan dapat      digunakan untuk mencukupi kebutuhan tersebut. Seperti halnya untuk mencukupi      kebutuhan       energi diperlukan tumbuh tumbuhan seperti jagung, singkong, kedelai, bekatul, dedak, jagung            putih, jagung kuning, bungkil dan sejenisnya. Namun untuk        mencukupi       kebutuhan proteinnya             diperlukan tumbuh tumbuhan seperti, kacang giling, wijen, biji kapas, dan karet.

    Konsentrat yang berasat dari hewan

Konsentrat yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hewan ternak tidak hanya berasal             dari tumbuh tumbuhan, tetapi juga bisa berasal dari hewan. Seperti tepung         ikan, tepung daging,   tepung tulang, kerang, bekicot dan hal hal lainnya untuk      menunjang protein dan karbohidrat    dalam pakan konsentrat.

Pemberian konsentrat pakan ternak antara ternak ruminansia dan non ruminansia berbeda beda. Jika pada hewan ternak ruminansia pemberian konsentrat tersebut pada saat sebelum diberikannya pakan pokok atau kasar seperti rerumputan pada hewan ternak, tetapi hewan ternak non ruminansia atau unggas diberikan sesudah diberikan pakan pokok. Hal ini dapat dimaksudkan agar mikroba yang terdapat pada rumen hewan ruminansia berkembang biak terlebih dahulu sehingga setelah proses pemakanan pakan pokok akan lebih mudah dicerna halus secara sempurna.

Sedangkan pada pakan unggas atau non ruminansia, diberikan pakan konsentrat setelah pemberian pakan pokok dan pada umumnya pemberiannya pada umur satu sampai tujuh hari agar pertumbuhannya cepat dan optimal. Pemberian pakan berkonsentrat memang sangat diperlukan disamping pemberian pakan pokok berupa daun daunatau rerumputan karena dengan pakan berkonsentrat ini ditujuakan untuk memperbaiki gizi dari hewan ternak sehingga akan membantu proses pertumbuhan hewan ternak. Dianjurkan untuk memberikan pakan berkonsentrat dengan frekuensi waktu yang lebih sering untuk menjaga ketahanan fisik dari hewan ternak itu sendiri.

Untuk jenis konsentrat pakan ternak ruminansia khususnya kambing dan domba dapat memanfaatkan sumber pakan konsentrat yang mudah ditemui.
Berikut cara membuat konsentrat pakan ternak kambing yang sangat mudah dan sederhana.

Bahan baku konsentrat adalah

–  bekatul atau dedak 76%

–  bungkil kelapa 12%

–  Jagung giling 4%

–  bungkil kedelai 2%

–  kalsium 2%

–  garam dapur 4%

Cara membuatnya dengan cara mencampurkan seluruh pakan tadi kemudian diaduk sampai rata. Pemberian konsentrat  indi dilakakuan  setiap pagi hari sebelum diberikan pakan rumput atau pakan hijauan agar mudah dicerna dan dapat meningkatkan bobot ternak setiap harinya.

Hal yang perlu diperhatikan dalam usaha peternakan untuk penggemukan adalah dengan  memperhatikan kebersihan kandang, kelengkapan nutrisi  dan suplemen pakan, dan pemeliharaan yang baik.

Baca juga

–  kandungan nutrisi bahan pakan ternak

–  cara penggemukan kambing yang paling cepat

–  cara berternak modern pada kambing dan domba

Apabila anda mencari jenis pakan complete feed dimana dalam satu pakan sudah mengandung banyak nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan ternak sehingga membantu proses penggemukan. Ada baiknya menggunakan pakan ternak instan karen apakan ini sudah kami formulasikan sebagai complete feed yang mencampurkan karbohidrate, protein, serat, vitamin mineral yang dibutuhkan untuk proses pertumbuhan sehingga proses penggemukan akan menjadi lebih cepat.

Selain itu pakan ternak kami sangat efektif dan efisien untuk penggemukan ternak. Cukup waktu sekitar 90 hari untuk penggemukan, cukup singkat  bukan masa penggemukannya. Dikarenakan sudah tidak memerlukan tambahan pakan lagi maka tidak perlu tenaga pekerja yang merawat ternak. Sehingga biaya operasional sehari hari bisa lebih murah dibandingkan dengan sistem ternak tradisional yang mengandalkan pakan ternak dari rumput.

Kandungan nutrisi pakan ternak instan ini sangat lengkap dan tidak diragukan lagi karena pakan ini diciptakan para alumni Nutris Pakan Ternak IPB dan tentunya  sudah diteliti secara klinis di laboratorium IPB dan tidak perlu lagi diragukan kandungan dan manfaat dari pakan ternak instan tersebut.

Untuk mendapatkan informasi lengkap tentang pakan ternak instan silakan tinggalkan pesan di bagian komentar.

1 comment:

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia,
    di sini kami menyediakan 5 permainan dalam 1 aplikasi
    ~bandar poker
    ~bandar-q
    ~domino99
    ~poker
    ~bandar66
    segera daftar dan bergabung bersama kami.Smile
    Whatshapp : +85515373217

    ReplyDelete