Google Search

Google Custom Search

Saturday, March 19, 2016

Cara Budidaya Ternak Ikan Lele Cepat Panen pada Kolam Beton


Beberapa hal yang perlu Anda pahami ketika akan melakukan budidaya ikan lele di kolam beton adalah dengan mempersiapkan kolam yang landai menuju pintu keluar dengan kemiringannya sebesar 5 derajat. Pipa pembuangan air kotor hendaknya dapat juga membuang apa yang ada pada lapisan dasar, karena di sini terdapat berbagai endapan yang kotor yang harus ikut dikeluarkan ketika akan mengganti air kolam. Ternak lele kolam beton sudah banyak dilakukan oleh banyak orang, selain tahan lama, ikan lele juga akan lebih aman jika di kolam beton ini, tetapi memang membutuhkan budget yang lebih besar untuk membangun kolam beton.

Meskipun begitu, akan dengan segera mendapatkan hasil yang maksimal jika merawat ikan lele dengan baik sampai bisa dipanen. Budidaya ikan lele di kolam beton juga menjadi pilihan yang tepat jika Anda berniat memelihara ikan lele dalam jangka waktu yang lama, mengingat kolam beton ini awet atau tahan lama dan tidak mudah bocor. Mengenai kedalaman air adalah 0,5 sampai 1 meter, kemudian hendaknya diberi jarak minimal 26 cm dan bibir kolam pada permukaan air. Hal ini dilakukan agar lele tidak mudah meloncat ke luar kolam Lele sangat mudah meloncat-loncat dan meloloskan din apabila terdapat lubang atau kebocoran pada kolam ltulah sebabnya membudidayakan ikan lele di beton atau semen akan lebih aman dibandingkan budidaya ikan lele kolam terpal.

Akan lebih baik lagi jika dipasang plastik-plastik licin dan cukup tebal di pinggiran kolam untuk mengantisipasi kalau-kalau lele meloncat-loncat ke atas kolam. Hal ¡ni tentunya juga akan lebih aman dan hewan-hewan lain yang ada di luar kolam. Budidaya ¡kan lele di kolam beton mengharuskan Anda sering mengganti airnya ketika sudah kotor. Kotoran berasal dan kotoran ikan lele dan sisa-sisa makanan yang tergenang Jika dibiarkan terlalu lama sampai airnya sangat bau dan berkeruh, tidak baik untuk pertumbuhan lele. Lele akan tumbuh terhambat dan dapat berbeda ukuran antara ikan yang satu dengan yang lain meskipun usianya sama.

Benih-benih ¡kan lele yang ideal untuk dipelihara adalah dengan ukuran 3 sampai dengan 5 cm. Kemudian Anda dapat memeliharanya dengan baik dengan perawatan air maupun pakan yang tepat. Pakan untuk ikan lele dapat menggunakan bungkil kelapa, ampas tahu, bungkil kacang, dan bekicot yang dipotong-potong. Untuk mencapai usia ideal dipanen adalah sekitar 6 bulan. Pada saat ini, ukuran lele juga sudah cukup besar dan cukup banyak dagingnya. Kebutuhan air bersih dan makanan yang cukup akan membuat ketahanan hidup lele tinggi dalam artian lele tidak akan banyak yang mati sebelum dipanen.

No comments:

Post a Comment