Google Search

Google Custom Search

Tuesday, March 29, 2016

Ciri Ciri Bibit Kroto Berkualitas untuk Memulai Ternak Kroto


Dalam budidaya kroto untuk menuju keberhasilan ditentukan oleh berbagai faktor , salah satunya adalah bibit kroto yang berkualitas. Apa sajakah ciri-ciri bibit kroto berkualitas? secara ringkas bibit kroto berkualitas ditentukan oleh isi koloni-nya, kondisi semut, adanya telur semut dan ada ratu. 


Pertama, pastikan isi koloni semut sudah cukup penuh dan banyak sehingga produksi telur krotonya lebih cepat. Jangan membeli bibit kroto yang isi koloni semutnya masih sedikit, karena produktivitas semut rang-rang dalm menghasilkan kroto akan kurang cepat.
 

Kedua, pastikan kondisi semut cukup sehat alias hidup. Hati-hati membeli semut yang kondisinya sudah loyo atau stress. Bisa dipastikan, semut yang demikian sulit dan lambat berkembang biak, bahkan cepat punah dan habis dengan sendirinya.
 

Ketiga, pastikan semut rang-rang sudah menghasilkan telur. Lihat ada tidaknya telur kroto di dalam topless bitit kroto yang akan anda beli. Koloni semut rangrang umumnya lebih betah tinggal, jika di dalam media sudah ada telur kroto. Akan berbeda, jika di dalam koloni semut tidak ada krotonya, semut akan cenderung mencari jalan untuk pergi dari media.

Keempat, pastikan ada ratu semut dalam media. Pilihlah bibit kroto yang ada ratunya, jangan asal saja dalam memberli bibit kroto. Ratu selain membuat semut koloni lebih betah, juga memiliki telur kroto yang lebih besar dan lebih banyak daripada semut lainnya. Namun, ratu semut memang susah dicari. Oleh karenanya, tidak harus ada banyak ratu, karena bisa saja dibunuh oleh koloni semut (jika dalam satu toples), tetapi 2 ratu kiranya cukup untuk 20 toples koloni. 


Selamat mencoba, semoga berhasil.

No comments:

Post a Comment