Google Search

Google Custom Search

Monday, March 28, 2016

Potensi Bisnis Ternak Budidaya Kroto Mudah dan Menguntungkan


Telur semut rangrang atau yang lebih dikenal dengan nama Kroto ini sudah sangat familiar dimasyarakat terutama pemelihara burung kicauan dan juga peternak ikan . Kroto adalah salah satu  makanan favorit bagi burung berkicau, dan bisa dibeli di pasar -pasar yang menjual pakan burung. Selama ini kroto yang dijual dipasaran didapatkan dari tangkapan alam.

Para pencari kroto berburu kroto hingga kehutan-hutan untuk mencari telur semut ini dipepohonan yang tinggi. Kalau sedang beruntung mereka bisa  mendapatkan buruan yang cukup banyak antara 1 sampai 3 kilogram per hari,dan mereka bisa membawa pulang Rp 150.000 hingga Rp 250.000 untuk sekali perburuan.

       Dan pada saat saat tertentu terjadi kelangkaan kroto dipasaran , misalnya saat hari raya idul fitri atau musim penghujan. Yang menyebabkan harga kroto melambung bisa mencapai Rp 150.000 /kg dan itupun langka, bahkan Di Beberapa Daerah Ada Pelarangan untuk perburuan kroto dikarenakan semut rangrang juga berfungsi sebagai pengendali hama alami.

Ini adalah potensi bisnis yang bisa dijadikan sebuah peluang usaha dirumah baik dikembangkan secara sederhana maupun untuk serius secara besar-besaran.
        Sebagai Ilustrasi Usaha ruangan 2 meter persegi mampu menampung 600 sarang dengan menggunakan 1 rak dan 4 susun ukuran 1,5 x 1,5 x 0,5 meter sudah bisa memproduksi kroto segar kurang lebih 30 kg perbulan,artinya kita mempunyai pendapatan Rp. 3.600.000,- perbulan dengan asumsi harga kroto Rp.120.000,-

 Semut Rangrang  asli Indonesia memiki potensi ekonomi cukup besar, oleh karena itu apabila diberdayakan dengan baik, terencana serta didukung oleh berbagai elemen dalam masyarakat maka sangat dimungkinkan untuk digunakan sebagai bahan baku industri dalam negeri atau produk ekspor dan untuk memperluas penyediaan lapangan kerja sekaligus memperbaiki pendapatan masyarakat .

Usaha budidaya semut rangrang, merupakan usaha yang relatif mudah dilakukan dan modal yang tidak terlalu besar, oleh karena itu perkembangan budidaya semut rangrang  berkembang pesat.

Kemudahan nya adalah sebagai berikut :
    1. Dapat dibudidayakan di lahan yang sempit.
    2. Sangat mudah dalam melakukan pemeliharaan.
    3. Bibit sangat mudah didapat.
    4. Tidak membutuhkan Modal yang besar.
    5. Teknik budidaya mudah dikuasai.
    6. Harga kroto yang relatiif stabil bahkan cenderung naik.
    7. Permintaan kroto yang terus meningkat.
    8. Sangat mudah dalam pemasaran.

No comments:

Post a Comment