Google Search

Google Custom Search

Tuesday, March 29, 2016

Siklus Budidaya Kroto yang Perlu Mendapat Perhatian


Sebagai mahluk hidup, semut rang-rang memiliki siklus hidup tertentu yang bisa dibagi dalam tiga fase.

Fase pertama adalah saat ia masih menjadi bakal telur berupa bintik-bintik putih. Bintik putih ini makin lama makin besar dan akhirnya menjadi telur kroto. Proses terjadinya bakal telur dan akhirnya menjadi telur ini umumnya membutuhkan waktu 3-4 minggu.

Jika tidak dipanen, dalam waktu seminggu maka telur tadi akan berubah menjadi larva dan akan tumbuh semakin besar, meski prosesnya sama, sebagian semut akan menjadi semut pekerja, prajurit, semut mandul dan ratu. Masing-masing bekerja sesuai dengan tugas masing-masing.

  • Semut ratu bertugas bertelur terus menerus.
  • Semut prajurit bertugas mencari makanan dan minuman untuk ratu dan menjaga koloni dari berbagai bahaya. 
  • Semut pekerja bertugas membuat sarang semut agar terjaga dengan baik.
  • Semut mandul juga bekerja menjaga koloni semut agar berjalan dengan baik.

Nah, dalam siklus tahunan, semut ada periode emas, yakni di masa bulan Januari-Agustus. lalu periode resesi atau menurun ketika memasuki bulan September-Nopember. Bulan Nopember dan Desember ini adalah masa peralihan, karena perlahan-lahan semut hitam hilang karena terbang dan dimakan semut merah. Di bulan-bulan terakhir mendekati musim penghujan seperti ini, bibit kroto yang dibudidayakan akan bertelur dalam jumlah yang lebih banyak dari musim kemarau, akan tetapi dari beberapa telur yang dihasilkan oleh semut rang-rang akan berubah menjadi semut hitam bersayap dan sebagian juga akan menetas menjadi calon ratu jika tidak dipanen. Bagi anda yang tidak sempat memanen kroto yang sudah dihasilkan, juga kroto sudah terlanjur menetas dan menjadi semut hitam bersayap anda tidak usah galau.

Semut hitam bersayap ini biasanya berukuran normal seukuran semut lainnya. Semut hitam bersayap adalah semut jantan yang masa hidupnya singkat, setelah mengawini ratu maka semut ini akan mati dengan sendirinya. Selain mempunyai tugas utama mengawini ratu semut, semut ini juga bertugas mensurvei lokasi baru yang akan digunakan menjadi tempat bersarang bagi koloni semut lainnya, hanya saja semut jantan ini tidak bisa mencari makan sendiri, makanan sepenuhnya di suplai dari semut pekerja dan semut betina perawat.


gambar bakal semut ratu

Sedangkan ciri ciri dari calon ratu atau biasa dikenal dengan moreng tubuhnya lebih besar dan berwarna hijau mempunyai sayap dipunggungnya, masih menunggu seleksi dari para koloni semut untuk menjadi ratu, jika kedua sayap telah patah maka dia telah terpilih seleksi pengangkatan ratu. Sang ratu baru lah yang nantinya akan dilindungi dengan sepenuh hati oleh para koloni semut dengan cara mengerubuti tubuh sang ratu, hal ini bertujuan agar sang ratu terlindung dari bahaya diluar koloni.

Bagi anda yang ingin ternak kroto, usahakan bibit kroto yang anda miliki memiliki ratu dalam jumlah yang wajar demi menghasilkan produksi kroto optimal.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

No comments:

Post a Comment